Sejarah Perkembangan Pro Evolution Soccer Dari Masa Ke Masa



SejarahPerkembangan Pro Evolution Soccer dari Masa ke Masa

Saya yakin kawan semua pasti sudah tau dan bahkan mungkin sangatsering memainkan game yang bergenre sport ini. Tapi apakah anda tau bagaimanasejarah game Pro Evolution Soccer?

Kapan pertama kali diluncurkan dan apa saja fitur yang dimasukan dari pembuatanpertama hingga sekarang? Bagi Kaskuseryang belum tau, saya ingin memberikansedikit ulasan tentang game yang banyak digemari para gamers di seluruh duniaini.

Spoiler

for ISS

:



Perjalananpanjang game fenomenal ini dimulai dari diluncurkannya International SuperstarSoccer (ISS) pada tahun 1994 di Jepang. Pada debut pertamanya, ISS langsungmendapat perhatian publik dan dikenal sebagai game sepakbola terbaikdimasanya. Game ini dilengkapi dengan beberapa mode permainan seperti Open Game(pertandingan persahabatan antar player, antar CPU, atau hanya menyaksikan CPUmengontrol kedua tim), International Cup (simulasi Piala Dunia FIFA dan ada 32tim yang berpartisipasi dalam mode tersebut), World Series (sebuah kompetisiliga dimana semua tim bertanding satu sama lain dengan sistem poin), Training(serangkaian tantangan yang disediakan untuk mengasah kemampuan anda).

Dengan berbagai macam mode yang ditawarkan inilah yang membuatInternational Superstar Soccer lebih cepat beradaptasi dipasaran pada saat itu.Karena para pengguna bebas menentukan mode yang diinginkan tanpa harus terpakudalam satu fitur tertentu.

Spoiler

for ISS

:



Setelah sukses pada debut pertamanya, pada tahun 1995 Konami kembalimeluncurkan International Superstar Soccer Deluxe/ World Soccer Winning Elevenuntuk Nintendo 64 dan PlayStation. ISS Deluxe memiliki animasi yang realistisdan para pengguna dapat dapat memilih dari 16 formasi dan 8 strategi sertadapat bersaing dengan 36 tim nasional dengan pemain terkenal dikenali (sepertiCarlos Valderrama, Roberto Baggio, Fabrizio Ravanelli, Yordan Letchkov),sayangnya yang ditampilkan pada layar bukan nama sebenarnya (seperti Capitaleuntuk Gabriel Batistuta). Mode yang disediakan pada ISS Deluxe tidak jauhberbeda dengan pendahulunya.

Spoiler

for ISS

:



Pada tahun 1997, Konami memperkenalkan generasi penerus International SuperstarSoccer 64 atau yang lebih dikenal Jikkyou World Soccer di Jepang. Game inidirilis Konami khusus untuk konsol Nintendo 64 dan tidak ada penambahan modekhusus dalam ISS 64, hanya beberapa penambahan tim dan perpindahan transferpemain.

Pada tahun yang sama, Konami juga meluncurkan International Superstar Pro atauyang lebih dikenal dengan Winning Eleven 97. Ini adalah seri pertama ISS yangdiluncurkan khusus untuk platform PlayStation. Game ini memiliki 32 timinternasional, empat stadion yang berbeda, 13 formasi tim yang dipadukan dengandelapan strategi yang unik dan beberapa mode yang disiapkan seperti ExhibitionMode, International League, International Cup dan Penalty Kick.

Spoiler

for ISS 98 for Nintendo, ISSPro 98/WE 3 for PS

:



Berselang setahun setelah peluncuran ISS Pro, Konami langsung meluncurkan 2game untuk platform berbeda. International Superstar Soccer 98 untuk Nintendodan International Superstar Soccer Pro 98/Winning Eleven 3 untuk Playstation.ISS 98 memiliki beberapa fitur tambahan seperti daftar tim yang diperluasmenjadi 52, menambah jumlah pemain menjadi 20 orang di setiap tim, tiga stadionbaru dan lima tingkat kesulitan dan editor player yang memungkinkan kita bisamengedit pemain sesuai keinginan, serta penambahan beberapa negara baru pesertaPiala Dunia 98.

Sedangkan untuk Winning Eleven 3, penambahan yang diberikan tidak jauh berbeda denganISS 98. Hanya beberapa Mode tambahan seperti All Star Match (pertadinganpersahabatan antara pemain terbaik dunia dan eropa) dan Cup Mode (anda bisamerasakan atmosfir berbagai event dunia antara lain European Cup, Asian Cup danAfrican Cup)

Spoiler

for ISS2000,WE 2000 dan WE 4

:



Pada tahun 2000, regenerasi kembali diumumkan Konami dengan menerbitkanInternational Superstar Soccer 2000, Winning Eleven 2000 dan Winning Eleven 4.Sayangnya dalam ISS 2000 dan WE 2000 tidak ada fitur spesial yang ditambahkanKonami, hanya perubahan komposisi pemain di setiap tim. Tetapi di WE 4 adapenambahan 2 pemain baru dalam squad tim Jepang, serta penambahan yel-yelsuporter.

Spoiler

for PES dan WE 5

:



Ditahun 2001 Konami mengeluarkan 2 sekuel ISS pada PS2 yang dikenal sebagai ProEvolution Soccer dan Winning Eleven 5. Dari sinilah kemudian kedua game iniberubah menjadi versi yang sangat berbeda. Karena KCEO mengambil alih pembuatanPro Evolution Soccer, sedangkan untuk Winning Eleven diserahkan ke KCET.

Spoiler

for PES & WE 6

:





Pada tahun 2002, kedua game ini mulai mendapat porsi yang berbeda setelahpeluncuran Winning Eleven 6 yang sangat di terima di Jepang dan Pro EvolutionSoccer 2 yang menguasai pasar Eropa.

Spoiler

for WE 7, WE 8, PES 3, PES 4 dan PES 5

:












Follow On Twitter