Gundu Stadium, Arena Khusus Untuk Main Gundu



Gundu Stadium, Arena Khusus Untuk Main Gundu [ www.BlogApaAja.com ]

Selama ini, permainan gundu atau kelerengselalu dimainkan di halaman, taman atau jalan di gang-gang sempit. Bagaimanajika ada arena mini permainan gundu, pastinya gundu bisa lebih seru dandimainkan dengan lebih mudah.

Adityo, mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM yangjuga finalis Black Innovation Award 2011 membuat arena mini tersebut, dinamaiGundu Stadium. Arena permainan gundu berukuran 2x2 meter itu terbuat dari bahankaret, bambu laminasi dan rumput sintetis.

"Permainan tradisional sudah mulaiberkurang. Anak-anak yang bermain sudah makin kekurangan lahan. Kadang merekabermain dianggap mengganggu jalan. Kenapa nggak kita buat tempat permainannya,"kata Adityo mengungkapkan tujuan pembuatan Stadium Gundu.

Gundu Stadium, Arena Khusus Untuk Main Gundu [ www.BlogApaAja.com ]

Stadium Gundu terdiri dari 25 kotak kecil yangberukuran 40x40 cm. Kotak harus disusun untuk memulai permainan. Untukmemudahkan pemain, bagian permukaan kotak dilengkapi bahan rumput sintetis danbagian bawahnya diberi alas berbahan karet.

Kotak kecil yang ditempatkan di tengah arenamini ini dilengkapi dengan lubang. "Lubang ini bisa ditutup. Lubang inidibuat karena kalai di Jogja itu ada permainan namanya guwakan. Jadi Gundustadium mendukung banyak jenis permainan," jelas Adityo.

Stadium Gundu juga dilengkapi dengan bagianpenyimpanan. Jika sudah tak dipakai, stadion mini bisa dibongkar dan kotakkomponennya bisa disimpan di dalamnya. Box penyimpanan juga multifungsi sebabsekaligus bisa dipakai sebagai kursi atau meja.

Gundu Stadium, Arena Khusus Untuk Main Gundu [ www.BlogApaAja.com ]

Adityo bermimpi, suatu saat permainan gundubisa menjadi permainan yang dikenal secara internasional dengan adanya arenamini ini. Lebih dari itu, ia juga berharap agar gundu bukan hanya dianggapsebagai permainan, tapi juga olah raga.

Adityo menambahkan, "kemungkinan StadiumGundu diproduksi dan dipasarkan sangat besar. Nanti bisa dibuat dengan bahanyang ramah lingkungan. Alas karet bisa dibuat dari limbah ban." Bahanramah lingkungan akan menjadi nilai lebih bagi arena permainan tradisional ini.


Follow On Twitter